Si Tuna Netra pun Bisa maen Game !!!


Tim di balik game Nusantara Online telah mengembangkan sebuah game tenis meja. Uniknya, fitur suara dalam game ini membuatnya mampu dimainkan oleh tuna netra.

Game tersebut bernama @Pong (dibaca: A-Pong alias Accessible Pong). @Pong dikembangkan oleh tim Telegraph dengan memanfaatkan engine Angel-Lite dari Sangkuriang dan bekerjasama dengan tim Kementerian Riset dan Teknologi. Telegraph dan Sangkuriang merupakan tim di balik pengembangan game Nusantara Online. Dalam pengembangannya Nusantara Online menggunakan engine Angel, versi yang lebih lengkap dari Angel-Lite yang digunakan @Pong.

Managing Director Nusantara Online, Heru Nugroho, Kamis (6/8/2009) mengungkapkan game @Pong telah diujicoba dengan Yayasan Mitra Netra. Rencananya, ujar Heru, game itu akan diresmikan pada 7 Agustus 2009 dalam gelaran Ritech Expo 2009.

@Pong merupakan sebuah permainan tenis meja yang dirancang untuk bisa dimainkan oleh tuna netra. Meski demikian, game ini tetap memiliki tampilan grafis sehingga non-tuna netra pun bisa ikut bermain.

Untuk memudahkan tuna netra dalam bermain, setiap perintah dalam game ini diwakili juga dalam bentuk suara. Saat bermain, suara pun akan muncul untuk mengindikasikan di mana letak bola.

Suara ‘tok‘ saat bola dipukul dan suara ‘whuuush‘ seperti angin dapat digunakan untuk menduga lokasi bola tanpa melihat layar. Game ini juga memiliki kemampuan online sehingga bisa dimainkan melalui jaringan lokal ataupun internet.

(kilasberita.com)

Tinggalkan komentar