Sekali Lagi ! Tari Pendet Jadi Incaran Malaysia Setelah Reog dan Lagu Rasa Sayange


Geram, pasti!.

Gimana ga geram kalo ada sesuatu yang seharusnya menjadi hak milik kita tiba-tiba ada orang lain yang meng-klaim klo itu milik dia. Begitu pula mungkin apa yang dirasakan para cyber asal Indonesia ketika mengetahui adanya klaim Malaysia terhadap Tari Pendet yang berasal dari Bali. Komunitas cyber pun melakukan berbagai upaya untuk menyatakan pada dunia kalau tari Pendet itu dari Bali, dan Bali itu Indonesia!.

Mulai dari forum, Twitter, Cause Apps di Facebook dan blog post merupakan sebahagian usaha yang dilakukan warga cyber Indonesia untuk ‘tell to the world, Pendet Dance is from Indonesia‘.

Miris memang menyaksikan begitu mudah dan beraninya negara lain (Malaysia) mencaplok kebudayaan negara kita Indonesia. Perang bukan solusi terbaik, diplomasi memang harus diutamakan. Selain itu, mari kita jaga warisan kebudayaan kita, agar orang lain tidak dengan mudahnya mencap sesuatu yang jelas-jelas milik kita menjadi milik mereka.

undefined

Tari Pendet pada awalnya merupakan tari pemujaan yang banyak diperagakan di pura. Tarian ini melambangkan penyambutan atas turunnya dewata ke alam dunia. Lambat-laun, seiring perkembangan jaman, para seniman Bali mengubah Pendet menjadi “ucapan selamat datang”, meski tetap mengandung anasir yang sakral-religius.
Pendet merupakan pernyataan dari sebuah persembahan dalam bentuk tarian upacara. Tidak seperti halnya tarian-tarian pertunjukkan yang memerlukan pelatihan intensif, Pendet dapat ditarikan oleh semua orang, pemangkus pria dan wanita, kaum wanita dan gadis desa.
Tarian ini diajarkan sekedar dengan mengikuti gerakkan dan jarang dilakukan di banjar-banjar. Para gadis muda mengikuti gerakkan dari para wanita yang lebih senior yang mengerti tanggung jawab mereka dalam memberikan contoh yang baik.
Tari putri yang memiliki pola gerak yang lebih dinamis dari tari Rejang yang dibawakan secara berkelompok atau berpasangan, ditampilkan setelah tari Rejang di halaman pura dan biasanya menghadap ke arah suci (pelinggih) dengan mengenakan pakaian upacara dan masing-masing penari membawa sangku, kendi, cawan dan perlengkapan sesajen lainnya.

2 pemikiran pada “Sekali Lagi ! Tari Pendet Jadi Incaran Malaysia Setelah Reog dan Lagu Rasa Sayange

  1. kayaknya kita memang kudu expose seluruh kekayaan kita agar di kenal sebagai milik kita..so mari kita berbangga dengan apa yang kita miliki dengan menunjukkannya pada dunia..semua adalah tanggung jawab kita bersama…MERDEKA!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s